25 May 2012

Panduan Lengkap untuk Menjelajah Vietnam dan Kamboja

Sampul buku
Pesona kawasan Asia Tenggara tak akan pernah habis untuk dijelajahi. Ini adalah zona yang paling multienik di dunia, alamnya indah, serta penduduknya dikenal sangat ramah. Sebagai bagian dari bangsa Asia tenggara, sudah sepatutnya Anda mengenal lebih dekat negara-negara tetangga kita. Dan kini saatnya untuk mengeksplorasi Vietnam dan Kamboja, dua negara Asia Tenggara yang memiliki kebudayaan sangat unik serta sejarah yang menarik.

Bicara tentang Vietnam, pasti banyak orang langsung teringat dengan perang Vietnam sebuah pertempuran panjang yang telah memakan jutaan korban. Jejak perang Vietnam masih bisa disaksikan hingga sekarang, bahkan masih banyak saksi hidup yang merasakannya langsung. Museum-museum serta serta bekas lokasi pertempuran bisa bercerita banyak tentang perang Vietnam. Berkunjung ke Vietnam akan memberi Anda sudut pandang lain tentang perang yang kejam ini, jadi bukan sekadar kisah heroik seperti cerita film.

Tapi Vietnam bukan hanya punya sejarah kelam untuk dijual kepada wisatawan. Kebudayaan Vietnam sangat unik karena mendapat pengaruh kuat dari Cina. Sejarah kolonialnya yang panjang juga meninggalkan bangunan-bangunan cantik yang sampai sekarang masih bisa dinikmati. Jangan tanya lagi soal wisata kuliner, Vietnam adalah surganya! 

Bagi orang Indonesia, sudah menjadi kebiasaan kita untuk membeli oleh-oleh bagi sanak keluarga yang ditinggal di rumah. Nah, soal belanja murah, Vietnam adalah salah satu surganya. Kalau Anda berkunjung ke Ho Chi Minh City, jangan lewatkan Ben Thanh Market dan Cholon, tempat belanja murah yang paling terkenal di kota itu.

Pho, makanan khas Vietnam
Lalu bagaimana dengan Kamboja, apa yang menarik di negara ini? Pasti sudah banyak yang pernah mendengar tentang Angkor, situs warisan dunia yang sudah diakui UNESCO. Kompleks candi yang sangat luas ini terletak di Siem Reap, Kamboja, dan sudah menjadi destinasi wisata unggulan di Asia Tenggara. Wah, Anda bisa dianggap ketinggalan zaman kalau belum pernah mengunjunginya!

Ibukota Kamboja yang bernama Phnom Penh juga sangat menarik untuk dikunjungi. Mungkin Anda pernah membaca soal pembantaian massal yang dilakukan Pol Pot. Phnom Penh adalah saksi dari kebiadaban itu, dan berkunjung ke ibukota Kamboja adalah cara terbaik untuk mengetahui lebih dekat tentang sejarah mereka.

Tapi Phnom Penh bukan hanya punya cerita kelabu. Banyak kegiatan wisata menyenangkan yang bisa dilakukan di sana. Bagi pencinta wisata kuliner, Anda akan segera tahu bahwa Phnom Penh lebih baik dari Siem Reap untuk urusan cicip-cicip. Kehidupan kota Phnom Penh juga lebih dinamis, menawarkan pesona otentik dari bangsa Khmer.

National Museum of Cambodia, Phnom Penh
Kalau Anda tertarik untuk menjelajah Vietnam dan Kamboja, kini sudah ada buku panduannya. Judulnya “Backpacking: Vietnam & Cambodia”, diterbitkan oleh Elex Media Komputindo. Ini adalah buku panduan yang detail, membahas semua informasi yang Anda butuhkan untuk melakukan perjalanan ke Vietnam dan Kamboja (Ho Chi Minh City, Phnom Penh, Siem Reap dan Angkor).

Informasi yang disajikan antara lain daftar penginapan murah (mulai 20 ribuan rupiah per malam), makanan halal serta info kuliner kaki lima yang lezat dan murah, panduan transportasi, ulasan objek wisata, serta peta lipat berwarna dalam ukuran besar. Pokoknya sangat komplet! Dijamin Anda tidak akan akan nyasar kalau membekali diri dengan buku ini!

Supaya Anda tidak buta dengan tempat-tempat menarik yang ingin dilihat, buku ini juga menyajikan biografi, sejarah ringkas, serta tulisan bergaya karangan khas (feature) yang berhubungan dengan objek wisata yang dibahas. Jadi siapa bilang guide book itu buku dangkal? Pokoknya harus baca dulu sebelum komentar, he he....

Buku “Backpacking: Vietnam & Cambodia” bisa didapatkan di Gramedia serta toko buku terkemuka di kota Anda. Bisa juga dibeli melalui Gramediashop.com dan Bukukita.com. Ayo, jelajahi Vietnam dan Kamboja dengan berbekal buku ini!

Baca juga: