1 December 2011

Angkutan Umum dari Suvarnabhumi Airport ke Khaosan Road

Bangkok Airport Link
Airport Express Bus nomor 2 (AE2) yang melayani jurusan Suvarnabhumi Airport Bangkok-Khaosan Road saat ini sudah tidak beroperasi lagi. Rute ini pernah menjadi favorit para backpacker karena langsung menghubungkan bandara Bangkok dengan kawasan Khaosan Road yang kondang itu. Tapi jangan khawatir, masih ada alternatif angkutan umum lainnya yang murah dan cepat.

Sejak akhir 2010 lalu, jaringan Airport Link sudah mulai dioperasikan untuk menghubungkan bandara dengan kawasan pusat kota Bangkok. Jaringan Airport Link ini langsung terhubung dengan BTS dan MRT. Tapi untuk kawasan Khaosan Road yang tidak bisa dijangkau dengan BTS dan MRT, penghentian layanan Airport Express Bus membawa kerumitan tersendiri.

Bagi backpacker yang ingin menuju kawasan Khaosan Road dengan angkutan umum, sekarang harus berganti moda transportasi setidaknya dua kali. Dari bandara Suvarnabhumi, Anda bisa menggunakan Airport Link (City Line) menuju Phaya Thai yang merupakan stasiun perhentian terakhir. Dari Phaya Thai, Anda bisa menumpang bus kota nomor 59 atau 79. Minta berhenti di Rachadamnoen Klang Road (setelah melewati Democracy Monument), dari sana Anda tinggal berjalan kaki menuju kawasan Khaosan Road. Supaya lebih jelas, lihat peta dan petunjuk yang ada di buku Backpacking: Thailand.

Biaya taksi atau Tuk-tuk dari Phaya Thai menuju Khaosan Road sekitar 100 baht. Kalau naik bus, biayanya hanya 7 baht saja. Sekadar mengingatkan saja, sopir taksi dan tuk-tuk di Bangkok punya reputasi buruk. Mereka menggunakan macam-macam trik untuk menguras kantong wisatawan. Jadi berhati-hatilah.

Khaosan Road, backpacker ghetto milik Bangkok
Informasi ini sekaligus menjadi revisi buku Backpacking: Thailand edisi pertama yang masih memasukkan Airport Express Bus sebagai pilihan transportasi dari bandara Suvarnabhumi Bangkok ke kawasan pusat kota. Adapun rute Airport Link dan bus kota sudah dibahas di buku Backpacking: Thailand.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda yang ingin menggunakan transportasi umum dari bandara Suvarnabhumi ke Khaosan Road. Selamat berpetualang!